09 October 2008

APAKAH TUHAN MENCIPTAKAN KEJAHATAN?

. 09 October 2008

Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada? Apakah
kejahatan itu ada?
Apakah Tuhan menciptakan kejahatan?

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal
menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan
ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?".

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia
yang menciptakan semuanya". "Tuhan menciptakan
semuanya?" Tanya professor sekali lagi. "Ya, Pak,
semuanya" kata mahasiswa tersebut.

Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan
segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan.
Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita
bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita
bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan."


Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab
hipotesis professor tersebut.
Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri
bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau agama
itu adalah sebuah mitos.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata,
"Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?"

"Tentu saja," jawab si Profesor

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah
dingin itu ada?"

"Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada.
Kamu tidak pernah
sakit flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa
lainnya.

Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Pak, dingin itu
tidak ada.
Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu
adalah ketiadaan panas.
Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan
semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi
pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin
untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.

Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu
ada?"

Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada."

Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak.
Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana
tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap
tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk
memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan
mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna.
Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap
suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya
di ruangan tersebut.
Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan
ketiadaan cahaya."

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah
kejahatan itu ada?"

Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja,
seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat
setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal
dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara
tersebut adalah manifestasi dari kejahatan."

Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab,
"Sekali lagi Anda salah, Pak. Kajahatan itu tidak
ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin
atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia
untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak
menciptakan kajahatan.
Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan
dihati manusia.
Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan
gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya."

Profesor itu terdiam.

Nama mahasiswa itu adalah Albert Einstein.

Kisah Nyata.

Photobucket

14 comments:

uchiha_girl said...

wuoooooh!
dia seorang yahudi yang tidak membuatku sengit,haha

tuink said...

binggung ah uchiha_girl...?? gak ngerti!

Bunda Rierie said...

Albert Einstein. memang idolakuuuuuu.... kata-katanya mengena dan hebattt

awan_clickerz said...

fren, gk bilang mau ngepost dya sih, kaka kelas gw tuh dulu...wualah
cuman yg disayangin, Kenape Einstein membocorkan rahasia atom dulu, jadilah Proyek manhatan dg sandi little boy tu meledak di hirosima...(*hiks, ko malah kutbah)


inform bagus, baru disini gw baca, baguuuuz
Yup !

arch said...

mantap....mantap....

sanyo said...

Ndri, gw gak ngerti, belon nyampe ilmu gwa kali yak, udah 2 jutaan niy alexa semangat euuuyyy

Dien said...

wah keren... nice post deh.

tuink said...

@Bunda Rierie :tuh si awan adek kelasnya einstein
@awan_clickerz:seepp deh brooo!
@arch : mantab apanya? kmana aja kang... ngilang aja!
@sanyo : kan lg nerapin tehnik SEO tuink ngibing Nyo baca deh http://andripr.blogspot.com/2008/10/pusing-page-rang-euy.html mayan deh 5 hari alexa naik dr 4,7jt bisa ke 2,7jt tinggal deddegan PR google aja.
@Dien : makasih ya dien...

Didiet said...

good..good..good posting

balidreamhome said...

very nice posting, great, thank you for sharing this bro !!

Saya rasa posting ini juga sekaligus bisa menjawab bahwa baik dan buruk, jahat dan tidak jahat adalah bukan produk suatu agama tertentu :-)

1demi1 said...

postingan sederhana tapi kandungannya berat... sip.

manusia biasa said...

wahhhhhh dari artikel ini banyak hal yang dpaat manusia biasa pelajari......
artikelnya manusia biasa copy ya.........
tapi ga untuk diposting kok......
nice post.

andyindra said...

ohh...gitu ya mas...bener-bener...masuk di akal...argumennya dapat di terima...kembali ke laptop

ferbuz said...

Nice bro ^:)^

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Feel Free To Expres your self

Post Terkait

 
TuinK FoR LiveS is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com