05 September 2008

Bagaimana pola bisnis & kiat sukses di Internet?

. 05 September 2008

Bagaimana pola bisnis & kiat sukses di Internet?

Onno W. Purbo

Terus terang pertanyaan seperti ini yang termasuk paling sering saya terima dari rekan-rekan. Sialnya banyak sekali berita-berita yang memberikan kesan bahwa bisnis di Internet sangat menjanjikan pemasukan uang pada saat IPO, seperti banyak kejadian di NASDAQ. Akhirnya banyak penguasaha menjual mimpi dan menjual saham-nya dengan harga yang hampir tidak masuk di akal untuk memperoleh keuntungan yang luar biasa pada saat IPO tersebut.


Memang saya bukan ahli ekonomi, saya seseorang dengan background teknik yang lebih sering berkecimpung di Internet. Koq saya terus terang kurang merasa sreq dengan cara-cara jual mimpi itu. OK lah nilai saham pada saat IPO dapat di dongkrak menjadi sangat tinggi, tapi saya yakin bahwa masalah utamanya kan bukan di nilai saham pada saat IPO. Yang lebih penting adalah bagaimana mempertahankan nilai saham tersebut bahkan jika mungkin menaikan nilai saham tersebut. Dan saya yakin sekali bahwa pola mempertahankan harga saham bahkan menaiknya harga saham merupakan indikasi kuat akan komitmen & prestasi usaha yang dijalankan; hal yang sama akan berlaku umum baik di usaha di Internet maupun di non-Internet.

Pengalaman saya selama kurang lebih 15 tahun berkecimpung di dunia jaringan komputer & informasi, saya rasa yang dibutuhkan adalah dedikasi, komitmen & kesungguhan untuk memberikan servis sebaik mungkin pada masyarakat / pelanggan / customer. Keuntungan utama dari Internet adalah kemungkinan yang sangat effisien untuk melayani masyarakat banyak dalam waktu yang sangat singkat dengan biaya yang sangat murah. Gilanya lagi berbeda dengan pola-pola usaha konvensional yang tidak terlalu interaktif (lebih bersifat satu arah), di Internet memungkinkan kita membangun wahana yang lebih interaktif sehingga pembangunan komunitas yang lebih solid dapat dilakukan dengan mudah; dalam pola lama lebih banyak indoktrinasi satu arah dalam membangun masyarakat – jadi sangat berbeda, di Internet yang terjadi lebih kearah pemberdayaan di dasari komunikasi 2 arah.

Keberadaan komunitas yang bertumpu pada kualitas informasi & aktifitas-nya akhirnya menjadi parameter utama dalam menentukan keberhasilan seseorang / sebuah usaha apakah berhasil atau tidak. Pembentukan komunitas yang paling sederhana sebetulnya dapat dilakukan dengan bermodalkan akses e-mail dan kemampuan leadership yang tinggi tentunya tidak akan lepas dari idealisme & motivasi yang baik.
Strategi selanjutnya yang sangat penting adalah kemampun untuk memperoleh profile dari komunitas yang dibentuk, siapa saja komunitas tsb, berapa usia-nya, bagaimana pola konsumsi-nya, bagaimana pola kerja-nya, bagaimana tingkat pendapatannya.Cara memperoleh profile ini, sebetulnya sederhana contohnya dapat dilihat di beberapa portal media online seperti detik.com, astaga.com dll yang memberikan e-mail gratis dan harus registrasi yang kemudian dapat ditangkap secara mudah profile si pengguna.
Dengan adanya massa / komunitas yang solid dan aktif dalam jumlah cukup besar yang diketahui secara cukup baik profile-nya maka jangan kuatir masalah modal dan finansial-nya. Karena percaya atau tidak, akan ada banyak modal ventura maupun Bank yang akan mengejar anda-anda. Karena komunitas / captive market tersebut akan menjadi jaminan bagi modal ventura / bank akan keberhasilan usaha anda di Internet. Saya sangat sarankan untuk tidak membalik proses-nya – yaitu dengan memberikan janji-janji ke bank / modal ventura kemudian setelah anda memperoleh dana baru berusaha membuat portal dan membangun komunitas, saya akan menjamin bahwa membalik proses ini akan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dengan kemungkinan gagal yang tinggi.


Photobucket

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Feel Free To Expres your self

Post Terkait

 
TuinK FoR LiveS is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com